Parenting

Day 9 Review Materi by kelompok 2

Hari ke 9 presented by: Bunda (Esa, Tantri, Saraswati)

Tema: Penguatan Peran Ayah dan Ibu untuk Menumbuhkan Fitrah Seksualitas Anak

Kelompok 2 mengawali dengan studi kasus sebagai berikut:

Kasus pertama:

1. Rena adalah putri ketiga dari pasangan ayah Toni dan bunda Ira. Ia duduk di kelas 1 di slh 1 sekolah. Kakak rena, bagas dan bagus tidak tinggal 1 rumah. Mereka ada di pondok pesantren. Usia rena selisih 14 tahun dengan kakak2nya. Ayah rena sering keluar kota. Keluarga rena sangat berkecukupan. Semua fasilitas ada. Tapi tyata bbrp minggu ini rena mendapat perhatian khusus dr sekolah. Dia didapati sering mengirim surat cinta pada teman2 cowok di kelasnya. Tak pernah dapat balasan dr teman 1 kelasnya ini, tak membuat rena patah semangat. Dia terus kirim surat cinta, dia tuliskan “I love u” pada cowok2 tmn sekelasnya ini. Dia bahkan bercerita pada teman2 ceweknya, kalau dia berkali2 bermimpi ttg cowok yg paling dia idamkan, ibarat rindu tak tertahan.

Naah..di rumah bunda Ira, TV tidak pernah mati. Bunda ira juga sering nonton TV bersama rena. Tak jarang anak usia 7 tahun itu jadi teman gosip bunda Ira, teman berkeluh kesah bunda Ira.

Menurut teman2..apa penyebab rena anak usia 7 th ini sudah merasakan “jatuh cinta banget” pd cowok dan tidak hanya 1 cowok?

Apakah terkait dg fitrah seksualitas yg tidak tumbuh dengan baik?

Kasus kedua:

2. Keluarga pak rahman adalah keluarga yg baik. Tak ada yg bergejolak selama ini di rumahnya. Terlihat adem ayem saja. Tapi begitu anaknya yang bernama Dino beranjak dewasa, dia tumbuh menjadi anak yang bingung, tak bisa ambil keputusan sendiri, dan seringkali dia bilang manut ibunya.

Di dalam keluarga rahman ini, bundanya termasuk orang yg tegas, teguh pendirian, keras, disiplin, keputusan rumah tangga lebih sering bundanya yg mengatur. Sedangkan pak rahman, beliau lebih senang di dapur, lebih senang bersih2 taman, rumah. Ayah yang lembut pada anak2nya. Tapi selama ini, jarang pak rahman berbincang ttg masa depan anak2.

Menurut teman2..apakah yg tjd pada Dito sedikit banyak terpengaruh oleh peran ayah dan bunda di rumahnya?

 

Kelompok 2 menggunakan media gambar untuk poin poin peran ayah dan ibu.

#bundasayang2

#Level11

#Institute Ibu Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *