Homeschooling, Parenting

Keserakahan dan Kejujuran, Kisah Moral

Cerita dari rangkaian malam ini, kisah kisahnya pendek pendek, tapi anak anak masih saj minta ceritakan, byuhhh, udah mata 5 watt. Tapi, seneeeng, alhamdulillah banyak hal yang meletup letup di kepala ini. Kisah ini bukan karangan saya ya… wkwk, kisah ini saya ambil di kumpulan cerita anak, Kids World Fun.

Kisahnya begini…..

Sam adalah pria yang serakah dan egois. Dia selalu ingin memiliki banyak uang dan tidak pernah ragu untuk menipu orang lain untuk menghasilkan uang. Juga, dia tidak pernah ingin berbagi apa pun dengan orang lain. Dia membayar upah sangat rendah kepada para budaknya.

Namun, suatu hari, dia mendapat pelajaran yang mengubah hidupnya selamanya.

Kebetulan suatu hari, tas kecil milik Sam hilang. Tas itu memiliki 50 koin emas di dalamnya. Sam mencari tas tinggi dan rendah, tetapi tidak dapat menemukannya. Teman-teman dan tetangga Sam juga bergabung dalam pencarian, tetapi semua upaya mereka sia-sia.

Setelah beberapa hari, anak perempuan berusia sepuluh tahun yang bekerja untuk Sam menemukan tas itu. Dia memberi tahu ayahnya tentang hal itu. Ayahnya mengidentifikasi tas itu sebagai tas yang hilang, dan segera memutuskan untuk membawanya ke tuannya.

Dia mengembalikan tas itu kepada tuannya Sam, dan memintanya untuk memeriksa apakah tas itu memiliki 50 koin emas. Sam sangat gembira untuk mendapatkan koin kembali, tetapi dia memutuskan untuk memainkan tipuan. Dia berteriak kepada pekerjanya, โ€œada 75 koin emas di tas ini tetapi Anda memberi saya hanya 50! Di mana koin-koin lain? Kamu telah mencuri mereka! โ€

Pekerja itu terkejut mendengar ini dan memohon dia tidak bersalah. Egois dan tamak, Sam tidak menerima cerita pekerja, dan memutuskan untuk membawa masalah ini ke pengadilan.

Hakim mendengar kedua sisi. Dia menanyai putri dan pekerja itu tentang jumlah koin yang mereka temukan di tas, dan mereka meyakinkan bahwa itu hanya 50.

Dia memeriksa silang Sam dan Sam menjawab, “Ya tuanku, aku punya 75 koin emas di tasku, dan mereka memberi saya hanya 50. Oleh karena itu, sangat jelas bahwa mereka telah mencuri 25 koin!”

Hakim kemudian bertanya, “Apakah Anda yakin tas Anda memiliki 75 koin?”

Sam mengangguk penuh semangat.

Hakim kemudian membuat penilaiannya.

โ€œKarena Sam kehilangan satu tas berisi 75 koin emas dan tas yang ditemukan oleh gadis itu hanya memiliki 50 koin, jelas bahwa tas yang ditemukan bukan milik Sam. Itu hilang oleh orang lain. Jika ada yang menemukan tas berisi 75 koin emas, saya akan menyatakan bahwa itu milik Sam. Karena tidak ada keluhan tentang kehilangan 50 koin, saya memerintahkan gadis itu dan ayahnya untuk mengambil 50 koin itu sebagai tanda penghargaan atas kejujuran mereka! โ€

 

1 thought on “Keserakahan dan Kejujuran, Kisah Moral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *