Homeschooling, Parenting

Fungsi Kolam Renang: Dahulu dan Sekarang Tempat Pemandian

Hari ini kami sekeluarga berenang pagi pagi sekali. Setelah bersepeda kali ini berenang menjadi olahraga yang dirutinkan. Rencananya biar ga kepanasan.. eh sesampai di kolam renang malah airnya dingin sekali (nyepeda kepanasan, berenang kedinginan hohoho) Saya pas kebagian berenang sama anak yang terkecil. Ayahnya dengan anak mbarep.

Karena anak anak excited meski saya kedinginan di kolam renang dangkal saya nekad ajaa… (kepikiran juga yak, apa karena dah tua) heheheh sensitif banget dengan air dingin. Anehnya malah Mas S yang menyimpulkan.. “Oh, mungkin karena Umi di kolam renang dangkal jadi dingin, aku dikolam renang dalem airnya hangat”…

Selesai berenang kami duduk duduk sambil menunggu soto. Saya perhatikan kolam yang luas di depan mata entah tiba tiba mengingatkan saya tentang pemandian zaman Roma.. mungkin banyak bapak bapak yang sudah tua berenang. Entah itu untuk olahraga ataupun terapi penyembuhan. Ada yang jantung, stroke, urat kejepit dll.

Saat melihat kolam saya cerita sama anak yang besar.

“Nak, penasaran kan apa sejarah kolam renang..?”

Dulu… sekali zaman Yunani kuno dan bangsa Roma.. kolam renang digunakan untuk sosialita kerajaan. Mereka akan membicarakan tentang negara, latihan militer dan kebaharian. Bangunan bangunan bersejarah tentang kolam yang dibangun masih ada. Duluu ituu…. sekolahnya mereka ga kayak sekolah kita.. sekolah mereka sekolah gulat atau sekolah mikiter untuk persiapan perang.

Kalau di indonesia kolam renang pertama ada di Cihampelas, dulu ditahun 1900 an ada kolam yang dibangun untuk kalangan penjajah asing zaman itu dan khusus bangsawan dari golongan bangsa Indonesia.

“Bisa jadi keputusan keputusan penting zaman dulu lahir dari tempat pemandian” , lirihku. “Kok bisa Mi?” Sang anak penasaran. “Bisa jadi karena kondisi badan dan pikiran sedang dalam keadaan rilex.. karena energi air sehingga orang cenderung mudah menerima atau sebaliknya mengutarakan pendapat” Mas S hanya menerawang..


Sebelum cerita ini itu biasanya saya sudah pernah searching-searching, atau terkadang saya merencanakan terlebih dahulu, mau cerita apa, hehehe…

Ceritanya selesai, makan sotonya pun rampung. Saatnya lanjut ke petualang berikutnya… “Ada yang mau coba berenang di sungai?” Tanyaku pada anak anak..

 

#bundasayang

#IbuProfesional

#GameLevel10

1 thought on “Fungsi Kolam Renang: Dahulu dan Sekarang Tempat Pemandian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *